скачать gta san andreas торрент

Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran UGM Memfasilitasi Masyarakat Praktisi yang membahas:

Pelayanan Kesehatan Primer (Primary Health Care in UHC)

pengantar-trans Pengantar

Fasilitas kesehatan tingkat primer (FKTP) merupakan gatekeeper dalam pelayanan kesehatan di era Jaminan Kesehatan Nasional, dalam artian wewenang untuk memutuskan pasien mana yang dapat ditangani secara paripurna di FKTP atau pasien mana yang perlu dirujuk ada di tangan FKTP. Dengan demikian, hampir seluruh peserta JKN yang mengakses pelayanan kesehatan akan bersinggungan dengan FKTP. Tidak hanya kualitas pelayanan yang diterima masyarakat, tingkat efisiensi pembiayaan kesehatan juga akan sangat dipengaruhi oleh seberapa optimal-nya pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh FKTP.

Berbagai tantangan ditemui dalam upaya memaksimalkan fungsi gatekeeper dalam memberikan pelayanan paripurna pada peserta JKN serta mengurangi angka rujukan ke fasilitas kesehatan rujukan dan tingkat lanjut. Di antaranya belum terstandarnya kemampuan FKTP untuk menangani 144-155 diagnosis dasar di pelayanan primer, kurangnya jumlah dan kualitas tenaga kesehatan di FKTP, keterbatasan peralatan kesehatan dan obat, tidak meratanya distribusi peserta JKN per FKTP, serta berbagai permasalahan implementasi di lapangan lainnya.

Forum Masyarakat Praktisi atau Community of Practice (COP) Pelayanan Primer akan menjadi wadah diskusi isu-isu spesifik terkait aspek pelayanan kesehatan, baik yang terkait secara langsung maupun tidak langsung dengan JKN. Isu tersebut dapat terkait dengan : (1) standarisasi prosedur medik, keperawatan, dan kefarmasian sebagai pedoman pelayanan di masing-masing tingkatan pelayanan dan tingkatan fasilitas; (2) standarisasi kompetensi yang meliputi infrastruktur, tenaga kerja dan peralatan sebagai pedoman untuk mengontrak fasilitas pelayanan kesehatan oleh BPJS; dan (3) keterlibatan pemerintah (pusat dan daerah) dan swasta dalam membangun fasilitas pelayanan kesehatan yang berkualitas dan terdistribusi dengan merata di seluruh wilayah Indonesia.

icon-tujuan Tujuan Masyarakat Praktisi:

  1. Mendiskusikan tantangan dan kendala dalam pelayanan kesehatan primer, baik dari perspektif penyedia pelayanan, masyarakat, maupun pemerintah sebagai regulator.
  2. Mendiskusikan strategi dalam meningkatkan pelayanan kesehatan primer sebagai gatekeeper di era JKN untuk pelayanan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif
  3. Mendiskusikan rekomendasi penguatan kebijakan untuk mendukung peran pelayanan kesehatan primer sebagai gatekeeper.

box-icon Aktivitas:

  1. Menggunakan Blended Activities: Diskusi di Web, Whatsapp, Email, dan Tatap Muka
  2. Melakukan diskusi dan menghasilkan Policy Brief untuk berbagai stake holders di pusat dan di daerah

Header

Logo MPK