скачать gta san andreas торрент

1.24  Upaya kesehatan lingkungan35

(Pasal 162)

(1)   Upaya kesehatan lingkungan adalah upaya yang ditujukan untuk mewujudkan kualitas lingkungan yang sehat, baik fisik, kimia, biologi, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya.

(2)   Upaya kesehatan lingkungan mencakup lingkungan permukiman, tempat kerja, sekolah/institusi pendidikan, tempat penyimpanan dan penjualan pestisida, tempat pengelolaan makanan dan minuman baik yang formal maupun informal, gedung-gedung pemerintahan, tempat rekreasi, serta tempat dan fasilitas umum.

(3)   Gedung-gedung pemerintahan dan tempat-tempat umum wajib menyediakan dan memelihara fasilitas umum yang memenuhi syarat kesehatan dan memasang tanda KTR (Kawasan Tanpa Rokok).

(4)   Tempat-tempat/fasilitas umum wajib menyediakan tempat khusus bagi perokok.

(5)   Penyelenggara tempat umum seperti hotel, restoran, panti pijat, kolam renang, tempat pengelolaan makanan dan minuman baik formal maupun informal dan sarana umum lainnya wajib memiliki surat keterangan laik sehat secara berkala.

(6)   Dinas menyusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis penerbitan surat keterangan laik sehat bagi hotel, restoran, panti pijat, kolam renang, tempat pengelolaan makanan dan minuman baik formal maupun informal dan sarana umum lainnya.

(7)   Pelayanan kesehatan pada lingkungan dilakukan agar lingkungan bebas dari unsur-unsur yang menimbulkan gangguan kesehatan, antara lain:

(a)   Limbah cair;

(b)   Limbah padat;

(c)    Limbah gas;

(d)   Sampah yang tidak diproses sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan pemerintah;

(e)   Binatang pembawa penyakit;

(f)     Zat kimia yang berbahaya;

(g)   Kebisingan yang melebihi ambang batas;

(h)   Radiasi sinar pengion dan non pengion;

(i)     Air yang tercemar;

(j)     Udara yang tercemar; dan

(k)    Makanan yang terkontaminasi.

(8)   Organisasi Perangkat Daerah yang menangani urusan kesehatan bekerjasama dengan seluruh OPD terkait menyelenggarakan lingkungan sehat dengan upaya pencegahan dan penanggulangan pencemaran lingkungan.

(9)   Semua institusi kesehatan yang menghasilkan limbah (cair, padat dan gas) menyelenggarakan pengelolaan dan menatalaksanakan limbahnya sesuai dengan peraturan yang berlaku.

(10)  Pemerintah Daerah dapat menyelenggarakan pengelolaan dan penatalaksanaan limbah medis padat yang berasal dari fasilitas pelayanan kesehatan.

(11)  Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten/Kota mengatur, membina dan mengawasi penyelenggaraan kesehatan lingkungan.

(12)  Pemerintah Daerah dan Pemerintah Kabupaten/Kota memberdayakan dan mendorong peran aktif masyarakat dalam penyelenggaraan kesehatan lingkungan.

(13)  Setiap orang dan/atau pelaku usaha dilarang mengedarkan dan/atau memperjualbelikan rokok pada anak di bawah umur.

(14)  Pengendalian lingkungan sehat dilakukan melalui peningkatan PHBS.

(15)  Dinas menyusun petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis pelaksanaan upaya kesehatan lingkungan.

Header

Logo MPK