скачать gta san andreas торрент

3. Subsistem Upaya Kesehatan

Dalam konsep kesehatan, pelayanan kesehatan merupakan service yang diberikan berdasarkan pada diagnosis dan treatment terhadap suatu penyakit atau promosi, yang bertujuan untuk memelihara kesehatan. Aspek ini sangat membutuhkan input berupa pendanaan, tenaga, peralatan, obat-obatan yang berkaitan dengan intervensi kesehatan.15 Menurut UU No 36 tahun 2009, pelayanan kesehatan meliputi pelayanan kesehatan perorangan dan pelayanan kesehatan masyarakat yang dilakukan dengan pendekatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif. Sistem kesehatan nasional mengembangkan subsistem upaya kesehatan dalam penyelenggaraannya meliputi upaya kesehatan yang mencakup kesehatan fisik, mental, intelegensia, dan sosial. Upaya kesehatan dilakukan secara terpadu, berkesinambungan, dan paripurna.

Upaya Kesehatan Primer

Upaya kesehatan primer terdiri dari pelayanan kesehatan perorangan primer dan masyarakat primer.

  1. PKPP merupakan pelayanan yang memberikan penekanan pada pengobatan, pemulihan tanpa mengabaikan upaya peningkatan dan pencegahan termasuk gaya hidup sehat. PKPP dapat diselenggarakan dalam bentuk pelayanan bergerak (ambulatory) ataupun menetap.
  2. Pelayanan kesehatan masyarakat primer

    Pelayanan ini menekankan pada pelayanan peningkatan dan pencegahan tanpa mengabaikan pengobatan dan pemulihan dengan sasaran keluarga, kelompok masyarakat, dan masyarakat itu sendiri. Pelaksanaan PKMP didukung dengan kegiatan surveilans, pencatatan, dan pelaporan yang diselenggarakan oleh institusi kesehatan berwenang.

Upaya Kesehatan Sekunder

Upaya kesehatan sekunder merupakan upaya kesehatan rujukan lanjutan yang terdiri atas pelayanan kesehatan perorangan sekunder (PKPS) dan pelayanan kesehatan masyarakat sekunder (PKMS)

  1. PKPS

    Merupakan pelayanan kesehatan spesialistik yang dilaksanakan oleh dokter spesialis atau dokter yang telah mendapatkan pendidikan khusus dan mempunyai ijin praktik yang didukung oleh tenaga kesehatan lainnya melalui penerimaan rujukan dari PKPP dan merujuk kembali ke fasilitas kesehatan yang merujuk.

  2. PKMS

    Merupakan pelayanan yang dilakukan melalui menerima rujukan kesehatan dari pelayanan kesehatan masyarakat primer dan memberikan fasilitasi dalam bentuk sarana, teknologi dan sdmk, serta didukung oleh pelayanan kesehatan tersier.

Upaya Kesehatan Tersier

  1. Pelayanan Kesehatan Perorangan Tersier (PKPT)

    Merupakan pelayanan kesehatan perorangan yang menerima rujukan sub-spesialistik dari pelayanan kesehatan dibawahnya, dan dapat merujuk kembali ke faskes yang dirujuk.

  2. Pelayanan Kesehatan Masyarakat Tersier

    Merupakan pelayanan kesehatan masyarakat tersier yang menerima rujukan kesehatan dari pelayanan kesehatan sekunder dan memberikan fasilitasi dalam bentuk sarana, teknologi, SDMK dan rujukan operasional, serta melakukan penelitian dan pengembangan bidang kesehatan masyarakat, penapisan teknologi, dan produk teknologi yang terkait.

Pembinaan dan Pengawasan Upaya Kesehatan

Pembinaan upaya kesehatan dilakukan untuk menjamin mutu pelayanan kesehatan yang didukung dengan standar pelayanan yang selalu dikaji dalam periode tertentu sesuai kemajuan ilmu pengetahuan dan ilmu teknologi serta kebutuhan. Pengawasan upaya kesehatan merupakan kegiatan yang ditujukkan unuk menjamin konsistensi penyelenggaraan upaya kesehatan dan dilakukan secara intensif baik internal maupun eksternal serta dapat melibatkan masyarakat dan swasta.

Header

Logo MPK