скачать gta san andreas торрент

6. Subsistem Sumber Daya Manusia Kesehatan

Subsistem sumber daya manusia kesehatan adalah pengelolaan upaya pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan, yang meliputi: upaya perencanaan, pengadaan, pendayagunaan, serta pembinaan dan pengawasan mutu sumber daya manusia kesehatan untuk mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Sumber daya manusia kesehatan adalah tenaga kesehatan (termasuk tenaga kesehatan strategis) dan tenaga pendukung atau penunjang kesehatan yang terlibat dan bekerja serta mengabdikan dirinya dalam upaya dan manajemen kesehatan. Peran tenaga kesehatan menjadi sangat penting dalam implementasi sistem kesehatan. Di sisi lain tantangan seperti rendahnya komptensi menjadi hambatan tersendiri dalam pelaksanaan sistem kesehatan.16

Tujuan dari penyelenggaraan subsistem sumber daya manusia kesehatan adalah tersedianya sumber daya manusia kesehatan sesuai kebutuhan yang kompeten dan memiliki kewenangan yang terdistribusi secara adil dan merata serta didayagunakan secara optimal dalam mendukung penyelenggaraan pembangunan kesehatan guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Unsur-unsur subsistem sumber daya manusia kesehatan terdiri dari: sumber daya manusia kesehatan; sumber daya pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan; dan penyelenggaraan pengembangan dan pemberdayaan sumber daya manusia kesehatan.

Pengembangan SDM kesehatan harus berfokus pada penerapan metode peningkatan kompetensi yang tepat dan pengembangan sistem monitoring dan evaluasi dalam pemantauan kinerja.16 Prinsip-prinsip subsistem sumber daya manusia kesehatan terdiri dari: adil dan merata serta demokratis; kompeten dan berintegritas; objektif dan transparan; dan hirarki dalam sumber daya manusia kesehatan. Penyelenggaraan subsistem sumber daya manusia kesehatan terdiri dari: perencanaan sumber daya manusia kesehatan; pengadaan sumber daya manusia kesehatan; pendayagunaan sumber daya manusia kesehatan; dan pembinaan dan pengawasan mutu sumber daya manusia kesehatan.

Header

Logo MPK