Kegiatan Workshop Kabupaten Malang

Reportase

Kegiatan Workshop Kabupaten Malang

21 – 22 Februari 2018

 

Kabupaten Malang sebagai lokasi ketiga yang menjadi tempat pelaksanaan kegiatan Integrasi Kesehatan Ibu dan Keluarga Berencana setelah Kabupaten Lahat dan Kabupaten Aceh Barat. Kegiatan yang diselenggarakan melalui workshop dan pertemuan pendampingan ini dilaksanakan selama 2 hari di kantor pemerintah daerah Kabupaten Malang di Kepanjen, dengan peserta kegiatan yang dihadiri oleh Bappeda Kabupaten Malang, Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang, Rumah Sakit Umum Daerah Kanjuruhan, Rumah Sakit Umum Daerah Lawang dan perwakilan TP PKK Kabupaten Malang. Selain beberapa perangkat daerah, kegiatan ini juga dihadiri oleh beberapa perwakilan dari tim pusat antara lain dari UNFPA, Bappenas, BKKBN dan Kementrian Kesehatan.

 kickoff-malang-1

Gambar 1 Kegiatan Workhshop 21 Februari 2018 di Ruang Rapat Panji Pulang Jiwo Kantor Bupati Kabupaten Malang

Kegiatan workshop dibuka oleh Sekretaris Bappeda Bapak Muhammad Imron Rosyadi, SE. Selanjutnya melalui pemaparan dari tim PKMK FKKMK UGM oleh DrDwi Handono sekaligus mengawali rangkaian pendampingan yang pertama kepada peserta kegiatan yang merupakan tim teknis Kabupaten Malang. Selain tim dari PKMK FKKMK UGM, pemaparan juga diberikan oleh perwakilan tim pusat yakni  Mela Hidayat sebagai perwakilan UNFPA yang menyampaikan tentang latar belakang dan gambaran singkat kegiatan integrasi kesehatan ibu dan keluarga berencana.

kickoff-malang-2

Gambar 2. Pertemuan Tim Pusat dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Malang di Ruang Kepala Bappeda

Hari kedua rangkaian workshop yang diselenggarakan di Kabupaten Malang dilaksanakan melalui dua pertemuan berbeda yaitu antara tim pusat dan kepala perangkat daerah sebagai bentuk upaya penggalangan komitmen, dan antara tim PKMK FKKMK UGM dan tim teknis Kabupaten Malang sebagai lanjutan kegiatan pendampingan integrasi kesehatan ibu dan keluarga berencana.

kickoff-malang-3

Gambar 3 Kegiatan Pendampingan 22 Februari 2018 di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Malang

Kegiatan workshop dan pendampingan yang diselenggarakan selama 2 hari di Kabupaten Malang menghasilkan beberapa poin penting, antara lain:

  1. Kegiatan integrasi kesehatan ibu dan keluarga berencana di Kabupaten Malang tidak dimulai dari nol seperti Kabupaten Lahat dan Kabupaten Aceh Barat.
  2. Kabupaten Malang sudah memiliki program terkait kesehatan ibu dan keluarga berencana, yaitu Contra Wor yang merupakan program Dinas PPKB, sutera emas yang merupakan program Dinas Kesehatan, dan sijari emas yang merupakan program RSUD Kanjuruhan.
  3. Perlu adanya kerjasama dan koordinasi antar perangkat daerah terkait untuk penyusunan dan pelaksanaan SOP terkait integrasi kesehatan ibu dan keluarga berencana di Kabupaten Malang.

 

Penulis : Yunita Sari Thirayo, MPH.

Leave a comment

Header

Logo MPK