скачать gta san andreas торрент

Reportase

“Coordination And Consultation”

Webinar

“Persiapan Perencanaan dan Penganggaran yang Terintegrasi antar OPD”

Kab. Lahat, 19 FebRuari 2018

 

       Webinar Coordination And Consultation lanjutan dilaksanakan pada 19 Februari 2018 di ruang rapat BAPPEDA kabupaten Lahat. Webinar ini dilakukan untuk menindaklanjuti deadline pengumpulan perencanaan program pada masing-masing OPD pada 22 Febuari 2018. Kegiatan diawali dengan pemaparan data terkait pemetaan sumber anggaran dari masing-masing OPD dan dilanjutkan dengan perencanaan program kesehatan ibu dan KB tahun 2019.

 konseling-lahat-2

Foto 1. Pemaparan perencanaan dan anggaran program kesehatan Ibu-KB tahun 2019

Perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi untuk 2019 difokuskan pada perencanaan yang dapat mendukung dan memperkuat standar operational procedure dalam pelaksanaan care pathways kesehatan ibu dan KB, diharapkan dengan adanya kegiatan integrasi ini dapat meningkatkan cakupan pelayanan KB dan dapat menurunkan AKI di kanupaten Lahat. SOP merupakan suatu produk jadi yang diharapkan dapat diimplementasikan pada 2019 tetapi terlebih dahulu harus mendapatkan dukungan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Dalduk-KB. Dukungan ini berupa rencana kegiatan yang tertuang pada Renja, Renstra dan RAPBD 2019 pada masing-masing OPD.

Setelah pemaparan data oleh masing-masing OPD, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh Dr.dr.Dwi Handono.,M.Kes melalui webinar. Terdapat beberapa kesepakatan dan poin penting yang perlu diperhatikan dalam melaksanakan perencanaan terintegrasi antara Dinas Kesehatan, Dinas Dalduk KB, RSUD dan BPJS. Proses integrasi difokuskan pada integrasi program dan kegiatan yang meliputi integrasi tempat, integrasi dana, integrasi SDM kesehatan dan Integrasi waktu dan lain-lain. Hal ini dapat disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pada masing-masing program dan kegiatan. Proses perencanaan yang terintegrasi dapat berjalan dengan baik tergantung pada komitmen, kerjasama dan keterbukaan masing-masing OPD. Sejauh ini, proses integrasi KI-KB di kabupaten Lahat telah berjalan dengan baik di karena adanya dukungan dari semua pihak, baik tingkat pimpinan hingga staf.

 

Reporter oleh Aprilia Grace A Maay,MPH.,Apt

Leave a comment

Header

Logo MPK