скачать gta san andreas торрент

Reportase

“COORDINATION AND CONSULTATION”

“Perencanaan dan Penganggaran yang Terintegrasi antar OPD”

(Usulan Renja tahun 2019)

Kab. Lahat, 05 Maret 2018

 

Perencanaan dan Penganggaran yang terintegrasi antar OPD dituangkan dalam bentuk Rencana Kerja tahun 2019 di masing-masing OPD. Renja tahun 2019 difokuskan pada perencanaan dan penganggaran yang mendukung pelaksanaan Care pathways, dimana care pathways merupakan bentuk terintegrasi dari kesehatan ibu dan KB yang telah disepakati dan didiskusikan bersama antar OPD. Proses ini telah dilakukan selama kurang lebih 2 bulan dan dilakukan di tiga lokasi terpilih yaitu kabupaten Lahat, kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Malang.

Rencana Kerja-OPD disusun berdasarkan Rencana Kerja yang tertuang dalam Renstra OPD dan mengacu pada RPJMD dan RKPD serta Renja Kementrian/Lembaga, provinsi dan kabupaten sesuai dengan bidang urusan. Renja Sebagai acuan organisasi perangkat daerah (OPD) dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi untuk mencapai tujuan organisasi agar sesuai dengan Visi, Misi, Tujuan, Strategi, Kebijakan dan Sasaran yang telah ditetapkan setiap tahunnya.

 konseling-5-maret-1 Foto 1. Suasana Diskusi yang dipimpin oleh Bapak Tudiono, M.Kes 

Kegiatan “Perencanaan dan Penganggaran yang Terintegrasi antar OPD“ dilakukan pada 5 Maret 2019 di Ruang Bappeda Kabupaten Lahat, dihadiri oleh Kabid dan staf Dinas Dalduk-KB, Kasie dan staf Dinas kesehatan, Kabid dan staf Bappeda, staf RSUD dan Tim PKMK UGM. Tujuan kegiatan ini adalah mendiskusikan dan menyepakati Rencana kerja tahun 2019 yang terintegrasi antara Dinas Dalduk-KB dan Dinas Kesehatan kab.Lahat. Perencanaan dan Penganggaran yang dilakukan merupakan kesepakatan dan diskusi bersama dalam mendukung pelaksanaan care pathways, dimana care pathways merupakan bentuk terintegrasi dari program Kesehatan Ibu dan KB dan diharapkan dapat menurunkan angka kematian ibu di kabupaten Lahat.

Care pathways terdiri dari 7 tahapan kegiatan yang dimulai dari penjaringan akseptor hingga pelayanan pasca pencabutan alat kontrasepsi. Dalam pelaksanaannya, care pathways memerlukan dukungan dan kerjasama berbagai pihak sehingga perlu adanya integrasi program yang merupakan tanggung jawab bersama. Hasil kegiatan diskusi dan konsultasi yang dilakukan, menghasilkan beberapa kesepakatan yang telah tertuang dalam Renja tahun 2019, yaitu :

  1. Integrasi kegiatan dan Sumber daya untuk data yang transparan dan valid

    Usulan Renja Dinkes tahun 2019 :

    Monitoring dan evaluasi ke puskesmas untuk pendataan KB dan Alkes KB

    Usulan Renja Dalduk-KB tahun 2019 :

    Kegiatan Orientasi RR Program KB

    Kegiatan Pengelolaan Data dan Informasi Program KB

    Cetak Blangko Pencatatan dan Pelaporan Pelayanan Kontrasepsi

  2. Integrasi kegiatan dan SDMK dalam melaksanakan KIE

    Usulan Renja Dinkes tahun 2019 :

    Pertemuan KIA KB terintergrasi

    Peningkaan Kapasitas Nakes dalam pemberian KIE dan Konseling KB

    Usulan Renja Dalduk-KB tahun 2019 :

    Pelayanan KIE

    Pelayanan Konseling KB

  3. Integrasi sumber daya manusia Kesehatan ( SDMK) dalam melakuan pelayanan KB

    Usulan Renja Dalduk-KB tahun 2019 :

    Pelayanan Pemasangan Kontrasepsi

 

Reportase oleh Aprilia Grace A Maay, MPH.,Apt

Leave a comment

Header

Logo MPK