скачать gta san andreas торрент

Reportase

“Coordination And Consultation”

Webinar

“Pemaparan Profil KB dan Kesehatan Ibu Kabupaten Lahat”

Kab. Lahat, 14 Februari 2018

 

                Webinar yang dilakukan di ruang rapat kantor BAPPEDA Kab. Lahat pada 14 Februari diikuti oleh PKMK UGM, UNFPA dan Tim Teknis Integrasi KI-KB kabupaten Lahat (Dinas Kesehatan, Dinas dalduk-KB, Bappeda dan RSUD). Webinar dimulai dengan pembukaan oeh sekretaris BAPPEDA kabupaten Lahat dan dilanjutkan dengan pemaparan profil kesehatan ibu dan KB oleh perwakilan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Dalduk-KB. Tujuan webinar ini adalah mengumpulkan data-data terkait kesehatan ibu dan KB dan melakukan analisis masalah serta melakukan prioritas masalah yang akan dijadikan dasar dalam perencanaan program.

 konseling-lahat-1

Foto 1. Webinar Tim Teknis Kab. Lahat dengan PKMK UGM dan UNFPA 

                Dari hasil presentasi terkait profil kesehatan ibu dan KB, diketahui bahwa masih terdapat gap pada pencapaian target dan standar. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu belum adanya data yang valid dan terintegrasi, belum terpenuhinya kompetensi dan jumlah SDM Kesehatan, masih kurangnya koordinasi dan kerjasama antar OPD, masih kurangnya sarana dan prasarana dan masih belum optimalnya pembiayaan kesehatan.

Setelah sesi presentasi kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh Dr.dr. Dwi Handono, M.Kes. Dari hasil diskusi diperoleh beberapa kesepakatan yaitu :

  1. Perlu adanya integrasi data antara Dinas Dalduk-KB dan dinas Kesehatan. Kesepakatan terkait penetapan indikator, definisi operasional, sumber data dan cara pengumpulan data.
  2. Perlu adanya integrasi pada program perencanaan di Dinas Kesehatan, Dinas Dalduk-KB dan RSUD yang meliputi integrasi tempat, integrasi orang, integrasi biaya, integrasi pelayanan dan lain-lain.
  3. Sebelum melakukan perencanaan,terlebih dahulu harus dilakukan review pada perencanaan 3 tahun terakhir untuk melihat trend and gap yang ada sehingga bisa menjadi dasar perencanaan yang efektif dan efisien pada tahun yang akan datang.
  4. Dalam sistem pembiayaan kesehatan beberapa stakeholder terkait, perlu dilibatkan seperti Dinas Sosial (Dana Desa), BPJS Kesehatan, dana CSR yang ada di daerah dll. 

Kegiatan Coordination And Consultation lanjutan dalam bentuk webinar dilaksanakan lagi pada 19 Februari 2018. Hal ini untuk menindaklanjuti deadline pengumpulan perencanaan program pada masing-masing OPD pada 22 Febuari 2018. 

Reporter oleh Aprilia Grace A Maay, MPH.,Apt

 

Leave a comment

Header

Logo MPK