Rapat Koordinasi Tim Teknis Bersama Tim PKMK FKKMK UGM

 Reportase Rapat Koordinasi Tim Teknis Bersama Tim PKMK FKKMK UGM (Webinar)

Kabupaten Aceh Barat

23 Februari 2018

 

Didampingi oleh Tim PKMK FKKMK UGM, tim teknis yang tergabung dari beberapa OPD di Aceh Barat melakukan rapat koordinasi di ruang rapat Bappeda pada Jum’at, 23 Februari 2018 guna menindaklanjuti komitmen bersama yang telah dibuat pada kegiatan sebelumnya. Berbeda dengan pertemuan sebelumnya, jumlah anggota tim teknis kali ini bertambah satu, yaitu perwakilan dari Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Aceh Barat. Sebelum rapat koordinasi berlangsung, Dinas PPPAKB dan Dinas Kesehatan telah mempersiapkan data-data yang dibutuhkan terkait kesehatan ibu dan keluarga berencana di Kabupaten Aceh Barat sesuai arahan dari Tim PKMK FKKMK UGM yang bertugas di lokasi. Data- data yang telah terkumpul kemudian dikomunikasikan ke OPD lain melalui media sosial whatsapp untuk disatukan menjadi bahan presentasi yang akan disampaikan pada rapat koordinasi tim teknis nantinya.

konseling-aceh-barat-1-1

konseling-aceh-barat-1-2

Gambar 1. Proses diskusi Tim Teknis dengan Tim PKMK FKKMK UGM melalui webinar

Dimoderatori oleh Ahmad Yani N dari Tim PKMK FKKMK UGM, rapat koordinasi dimulai pukul 15.15 WIB dan diawali dengan Pemaparan dari Tim Teknis yang diwakili oleh Emi Hartini dari Dinas PPPAKB. Melalui teknologi Webinar, ketua tim PKMK FKKMK UGM,Dr. Dwi Handono memberikan tanggapan berdasarakan pemaparan yang telah disampaikan oleh perwakilan Tim Teknis, sekaligus memberikan arahan kegiatan selanjutnya. Rapat koordinasi yang berlangsung hingga pukul 16.45 WIB menghasilkan beberapa poin, diantaranya:

  1. Perlu digali kembali terkait identifikasi penyebab unmet need yang masih tinggi di Aceh Barat (Fokus internal DP3AKB, Dinkes, dan RS).
  2. Tim Teknis Kabupaten Aceh Barat berencana mengacu Kabupaten Malang dalam hal menjadikan unmet need sebagai pintu untuk memperoleh data WUS dengan risiko tinggi jika hamil.
  3. Belum ada perhitungan atau perencanaan anggaran KB yang sesuai dengan kebutuhan (secara ideal) Kabupaten Aceh Barat.
  4. Dinas Kesehatan memilki data ibu hamil dengan Risti (termasuk 4T) yang siap di share ke Tim Teknis jika dibutuhkan.
  5. Pembahasan matriks SOP dilanjutkan melalui grup whatsapp dengan deadline kesepakatan Jumat 2 Maret 2018.

 

Penulis: Ahmad Yani Noor, M.H.Kes., Med.

Leave a comment

Header

Logo MPK