Rapat Koordinasi Tim Teknis Bersama Tim PKMK FKKMK UGM 9 Maret 2018

Reportase Rapat Koordinasi Tim Teknis Bersama Tim PKMK FKKMK UGM

9 Maret 2018

Kabupaten Aceh Barat

 

Bertempat di ruang rapat Bappeda, tim teknis Aceh Barat didampingi oleh Tim PKMK FKKMK UGM kembali melakukan rapat koordinasi pada Jumat, 9 Maret 2018, pukul 15.35 WIB. Meskipun jumlah kehadiran Tim Teknis tidak sebanyak dengan pertemuan sebelumnya, namun proses diskusi yang dilakukan melalui Skype tetap berjalan dengan baik dan lebih interaktif. Rapat koordinasi dimulai dengan pemaparan dari Tim Teknis yang diwakili oleh Emi Hertini dan dimoderatori oleh Ahmad Yani N selaku Tim PKMK FKKMK UGM yang bertugas dilokasi. Materi yang dipaparkan merupakan hasil kesepakatan matriks SOP yang sudah diberi masukan dari Dinas Kesehatan dan Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) Kabupaten Aceh Barat.

konseling-aceh-barat-2-1

Gambar 1. Proses diskusi Tim Teknis Kabupaten Aceh Barat

Dwi Handono selaku ketua Tim PKMK FKKMK UGM kemudian memberikan tanggapan atas pemaparan dari perwakilan Tim Teknis, sekaligus memulai diskusi serta menjelaskan konsep dasar integrasi KI-KB yang akan menjadi acuan dalam perencanaan program 2019. Rapat Koordinasi yang berlangsung hingga pukul 17.00 WIB menghasilkan beberapa poin, diantaranya:

  1. Poin-poin yang sudah disepakati dalam matriks SOP perlu dituangkan dalam perencanaan, sehingga harus ditambah target yang mengacu pada renstra masing-masing. Contoh target seperti jumlah alkon, jumlah obat analgetik, target untuk kunjungan rumah, dan lain-lain.
  2. Agar SOP dapat dilaksanakan dengan baik pada 2019, diperlukan dukungan sumber daya, seperti biaya transport, blangko, obat, dan yang lainnya harus tersedia, sehingga apa saja yang dibutuhkan harus direncanakan.
  3. Diharapkan sejak perencAnaan sudah ada pembagian tugas/peran dan sasaran dari Dinkes, DPPPAKB, dan Rumah Sakit agar saling melengkapi sesuai kebutuhan Kabupaten Aceh Barat.
  4. Dinas Kesehatan akan mengarahkan Puskesmas agar mengacu pada SOP yang telah disepakati oleh Tim Teknis.
  5. BAPPEDA akan mengawal agar SOP muncul dalam renstra 2017-2022
  6. Tim Teknis tertarik dengan konsep integrasi KI-KB yang dikembangkan di Kabupaten Malang. Tim Teknis juga sepakat untuk mencoba mendata WUS Risti secara manual melalaui PLKB hingga Puskesmas dan Rumah Sakit.

konseling-aceh-barat-2-2

Gambar 2. Proses Diskusi Tim Teknis dengan Tim PKMK FKKMK UGM melalui Skype

 

Penulis: Ahmad Yani Noor, M.H.Kes., Med.

Leave a comment

Header

Logo MPK