Kegiatan Workshop (Kick Off) 8-9 Februari 2018 Kabupaten Aceh Barat

Reportase Kegiatan Workshop (Kick Off)

8-9 Februari 2018

Kabupaten Aceh Barat

 

kick-off-aceh-barat-1

Gambar 1. Kegiatan Workshop 8 Februari 2018 di ruang pertemuan Bappeda

Sebagai tindak lanjut kegiatan scoping mission yang telah terlaksana di 3 kabupaten Indonesia, kali ini Aceh Barat menjadi lokasi ke kedua yang telah melakukan kick off dalam kegiatan integrasi KI-KB setelah Kabupaten Lahat. Pada kegiatan ini dibahas advokasi, penggalangan komitmen, pembentukan tim teknis, identifikasi masalah, dan penentuan pokok-pokok pikiran yang akan dijadikan SPO berdasarkan kesepakatan bersama. Kegiatan ini dikemas melalui workshop selama 2 hari yang dihadiri oleh Bappeda, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien, dan TP. PKK Kabupaten Aceh Barat. Sebelum workshop 8-9 Februari 2019 berlangsung, tim PKMK UGM juga melakukan pertemuan dengan tiap OPD terkait, guna memberikan penjelasan singkat tentang keigatan yang akan dilakukan ke depannya.

kick-off-aceh-barat-2

Gambar 2. Kegiatan Diskusi pada Workshop 9 Februari 2018 di ruang pertemuan Bappeda

Kegiatan workshop berlangsung di ruang pertemuan Bappeda yang dibuka langsung oleh Kepala Bappeda, Said Fauzi pada hari pertama. Kemudian penjelasan dari UNFPA yaitu Mela Hidayat terkait latar belakang dan gambaran singkat kegiatan integrasi KI-KB. Workshop hari pertama ditutup dengan penjelasan dan diskusi singkat dari PKMK UGM Dr Dwi Handono terkait pokok pokok permasalahan yang akan dibahas pada kegiatan workshop di hari ke kedua.

kick-off-aceh-barat-3

Gambar 3. Kegiatan Diskusi pada Workshop 9 Februari 2018 di ruang pertemuan Bappeda

Pada workshop hari ke kedua lebih ditekankan pada pada Tim Teknis yang akan berkontribusi langsung dalam kegiatan integrasi KI-KB. Kegiatan diawali dengan penjelasan dari Dr. Dwi Handono yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama. Dari hasil diskusi didapatkan pokok pokok pikiran yang akan dijadikan SPO berdasarkan kesepakatan bersama. Kesepakatan yang muncul salah satunya adalah adanya kesepakatan laporan rekapitulasi pelayanan KB di Rumah Sakit Umum Cut Nyak Dhien yang dikirimkan kepada Dinas Kesehatan Aceh Barat tiap bulannya. Acara workshop pada hari kedua ini ditutup dengan kegiatan penggalangan komitmen oleh Tudiono, MPH melalui games dan diskusi. Komunikasi semua pihak terkait tetap berlanjut secara aktif melalui grup chatting yang sudah dibuat.

Penulis: Ahmad Yani Noor, M.HKes.

Leave a comment

Header

Logo MPK